POLSRI Raih Penghargaan Green Product Award di Jerman

Polsri mengikuti ajang perlombaan di Jerman. Porlombaan ini dimulai pada bulan September 2019 lalu dan pemenangnya di umumkan pada bulan Februari 2020. sebanyak 52 negara yang turut berpartisipasi dalam perlombaan ini.

Arunika Aviation merupakan tim yang mengikuti perlombaan ini. Mereka menggagas sebuah inovasi yaitu pesawat bernama Verpoly. Verpoly sendiri diambil dari fitur pesawat. Ver atau Vertical karena pesawat ini VTOL (Vertical Take-Off and Landing), dan Poly karena memiliki fitur “Poly Base” yang artinya fuselage dari pesawat ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Sehingga, pesawat ini dapat dikatakan sebagai pesawat elektrik VTOL multifungsi sebagai unit transportasi urban air mobility. Inovasi ini diikutsertakan dalam ajang penghargaan Green Product Award dalam bagian Gren Concept Award Selection 2020 dengan kategori Mobility.

Persiapan yang matang turut di lakukan oleh tim Arunika Aviation. Dimulai dari diskusi dan perancangan yang panjang bersama teman satu tim, banyak berdiskusi dengan instruktur dari GMF Aeroasia Tbk., diskusi dengan dosen dari jurusan elektro dan juga banyak mempelajari trend penerbangan internasional dan inovasi- inovasi di bidang elektro dan aviasi. Proses pengerjaan gagasan ini sudah berjalan selama satu tahun terhitung dari bulan Desember 2018. Estimasi biaya yang diperlukan untuk membuat Verpoly dalam bentuk produk jadi yang dapat digunakan sebesar delapan ratus lima puluh juta rupiah. Tak heran tim ini mampu menjadi pemenang pada konsep mobility kategory student.

Melalui juru bicara bidang teknik dalam tim, Muhammad Putra, menyampaikan bahwa tujuan tim ini mengikuti lomba agar project yang mereka buat dapat dikenal di selutuh dunia. “Tujuannya supaya project kami ini bisa dikenal bukan hanya dari indonesia tapi seluruh dunia dan juga mencari network expert dari berbagai bidang yg mendukung green product dan green concept karena pesawat elektrik jadi sangat ramah lingkungan, serta untuk mencari investor untuk pendanaan pembuatan dari pesawat Verpoly itu sendiri”,ujarnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *