Kilas Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Jika kita berbicara mengenai hari Sumpah Pemuda, kita tidak bisa lepas dari perjuangan bangsa Indonesia yang saat itu sedang dijajah oleh pasukan Belanda. Sumpah Pemuda merupakan salah satu sejarah Nasional Indonesia yang dianggap sebagai perwujudan semangat pemuda-pemudi dalam membangun Indonesia yang satu. Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda ditetapkan pada tanggal 28 oktober 1928 yang merupakan hasil rapat dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang sampai saat ini selalu diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda ini sendiri merupakan hasil keputusan dari Kongres Pemuda kedua pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Jakarta yang pada waktu itu masih bernama Batavia. Rumusan Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin. Peristiwa tentang hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu rangkaian kejadian yang muncul dari rasa semangat persatuan dan kesatuan serta kesadaran untuk mendirikan Indonesia yang satu. Rasa semangat masyarakat Indonesia ini muncul karena berbagai faktor yang diakibatkan oleh Belanda. Seperti urbanisasi, komunisme, edukasi, hingga perlakuan rasis dari orang-orang Belanda.

Pada awal abad ke-20, pendidikan di Indonesia sangatlah minim. Dan pada saat ini politik etis mengambil peranan penting dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Namun tidak semua anak-anak Indonesia mendapatkan kesempatan belajar, hanya anak-anak indonesia yang elitlah yang mendapatkan kesempatan untuk belajar. Keputusan ini dibuat agar anak-anak elit tersebut bekerja untuk birokrasi kolonial yang sedang hidup pada masa itu.

Sebagai pemuda Indonesia, kita haruslah bangga pada perjuangan Pemuda-Pemudi Indonesia. Kita juga harus bisa untuk menjaga amanat yang telah diberikan kepada kita sebagai Pemuda-Pemudi Indonesia.(red)

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *