Polsri Tiga Kali Jadi Juara Umum NPEO

UKM WPS – NPEO (National Polytechnic English Olympic) merupakan lomba tahunan yang diadakan oleh Dikti dan Bakorma khusus untuk mahasiswa Politeknik. DalamNPEO ada 2 jenis perlombaaan yaitu Debatedan Non-Debate. Untuk Non-Debate dibagi lagi dalam 3 cabang yaitu Speech, Storytelling, dan Newscasting.

Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) yang dalam hal ini diwakili oleh Unit Kegiatan Mahasiswa English Debating Club (UKM EDS) setiap tahunnya mengikuti NPEO dan terusmemperoleh pencapaian yang signifikan. Dari tahun 2011, tim Polsriberhasil mencapai Grand Final ketika namanya masih NPEDC (National Polytechnic English Debate Competition). Lalupada tahun 2015 dan 2016, berhasil menjuarai debat dan menjadi juara umum 2 tahun berturut-turut.

1524565539669

Untuk peserta Debate, Malik Nurahman dari jurusan Akuntansi 2015 sebagai Debater, Leila Utarina dari jurusan Teknik Kimia 2016 sebagai Debater, dan Nyayu Dina Adriati dari jurusan Bahasa Inggris 2016 sebagai Observer.

1 bulan sebelum lomba, tim debat melakukan persiapan maksimal atau disebut dengan Intensive Training NPEO. Intensive Training NPEO yaitu persiapan dengan cara latihan debat dan diskusi materi yang dibimbing oleh alumni-alumni UKM EDS Polsri yang merupakan Debater tahun sebelumnya. “Untuk tahun ini beruntungnya kita bisa mengundang satu pelatih tambahan dari UGM, yang bisa melatih intensif selama tiga hari di Polsri”, ujar Malik Nurahman.

1524565542124

Perlombaannya sendiri dilaksanakan diPoliteknik Pos Indonesia, Bandung.Untuk debat terdiri dari 5 babak penyisihan dan 40 timturut dipertandingkan. Setelah 5 babak penyisihan, diambil 16 tim terbaik untuk lanjut ke babak Quarter Final, lalu diambil 8 tim terbaik untuk Semi Final, dan 4 tim terbaik untuk Grand Final. Topik yang diberikan berbeda setiap rondenya, dan debater diberitahu topik tersebut 15 menit sebelum ronde dimulai. Penggunaan handphone dan alat elektronik lainnya pun dilarang.

Setelah berhasil mencapai babak Grand Final, tim Polsri berhasil menjadi juara 1 mengalahkan tim Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Bandung, dan Politeknik Negeri Batam.

1524565550119

Selain pencapaian tim, tim debat Polsri atas nama Malik Nurahman juga berhasil meraih 1st Best Speaker atau pembicara terbaik dari seluruh peserta.

Dengan pencapaian tersebut, maka Polsri dinobatkan kembali sebagai juara umum NPEO 2018 dan berhak membawa kembali piala bergilir NPEO ke Palembang. (NR)