Polsri Mempersiapkan Diri Menuju Mawapres Tingkat Nasional 2018

Rabu 28 Maret 2018, tepatnya di Aula KPA Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) telah diadakan Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Polsri 2018. Acara yang bertemakan Sustainable Development Goals ini dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama pembukaan di pagi hari dan penutupan di sore hari. Acara ini dihadiri langsung oleh pihak lembaga dan delegasi perwakilan dari tiap organisasi mahasiswa (ormawa) yang ada di Polsri. “Mawapres sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan dari Kemendikti melalui Diktorat Kemahasiswaan, khusus untuk Politeknik sendiri dinamakan Mawapres Progam Diploma. Yang tujuannya untuk mencari mahasiswa yang berprestasi yang nantinya dapat melanjutkan ke tingkat nasional. Dimana bukan hanya berprestasi dibidang akademik saja, melainkan dibidang lainnya seperti pada kemampuan berbahasa inggris, pembuatan karya tulis ilmiah (KTI), maupun prestasi-prestasi unggulan lainnya” ujar Bapak Maulana Irwandi SE, Ak, M.Si  selaku ketua panitia dari acara Mawapres Polsri 2018. Sebelumya Bapak Maulana juga menjelaskan bahwa pada proses pemilihan Mawapres Polsri 2018 sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan, proses pendaftaran dimulai dari tanggal 1 sampai 15 Maret, lalu proses pengumpulan berkas pada tanggal 16 sampai 18 Maret dan acara puncaknya pada tanggal 28 Maret yaitu Grand Final Pemilihan Mawapres Polsri 2018.

Berkaca dari tahun sebelumnya, terlihat ada beberapa perbedaan dari Mawapres 2018 dengan tahun sebelumnya seperti yang dikatakan oleh M. Ahmad Hafiz Pemenang Mawapres Polsri 2016, “peserta Mawapres Polsri tahun ini diambil dari masing-masing jurusan yang ada di Polsri, hal ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun sebelumnya peserta Mawapres diambil dari masing-masing Progam Studi (Prodi) yang ada di Polsri sehingga tahun lalu diikuti oleh 55 peserta yang memakan waktu yang panjang serta hasilnya pun kurang efektif. Dari segi kepanitian Mawapres tahun ini juga lebih baik karena tidak hanya melibatkan mahasiswa tetapi juga dosen dan pimpinan Polsri juga ikut turun tangan”.

Kegiatan Grand Final Pemilihan Mawapres Polsri 2018 ini memperebutkan 6 kategori di antaranya Mawapres Polsri 2018 Juara ke-1, Juara ke-2, Juara ke-3, The Best Speakers, The Best Paper dan The Best Presentation.

Berikut merupakan daftar pemenang Mawapres Polsri 2018 pada masing-masing kategori.

  1. Mawapres Polsri 2018 atas nama M. Nata Persada dari Jurusan Teknik Sipil
  2. Juara ke-2 atas nama Nyayu Dina dari Jurusan Bahasa Inggris
  3. Juara ke-3 atas nama Febriani dari Jurusan Akutansi
  4. The Best Speakers atas nama Nyayu Dina dari Jurusan Bahasa Inggris
  5. The Best Paper atas nama Rinda dari Jurusan Teknik Kimia
  6. The Best Presentation atas nama M. Nata Persada dari Jurusan Teknik Sipil

1522463026939

M. Nata Persada dari Jurusan Teknik Sipil selaku pemenang Mawapres Polsri 2018 ia mengatakan, “mawapres merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan diri, kita dapat belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, dan bukan hanya itu saja tetapi kita juga dapat memperlihatkan kompetensi yang ada pada diri kita sendiri. Meskipun Mawapres adalah sebuah perlombaan, tetapi kita sebagai peserta tidak boleh melupakan bahwa kita sama-sama dari Polsri”. Kemudian Bapak Maulana Irwandi selaku Ketua Panitia dari Grand Final Mawapres Polsri 2018 juga berharap untuk pemenang Mawapres tahun ini semoga dapat mewakili Polsri ke Mawapres di tingkat nasional serta mampu mengimplemasikan kemampuannya di dunia kerja kelak maupun di masyarakat. (DA)