Salah satu prestasi anggota UKM-WPS

Unit Kegiatan Mahasiswa Warta Politeknik Sriwijaya (UKM WPS) merupakan salah satu organisasi internal yang sudah menjadi wadah mahasiswa/i Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI) sejak 2008 lalu. Riski Prima Tamara salah satu anggota aktif UKM-WPS kembali mencetak prestasi di bidang fotografi. Riski atau yang biasa di panggil Kiki tersebut sebelumnya sempat menjuarai beberapa perlombaan mengaku menggeluti dunia fotografi secara tidak sengaja atau “hanya iseng”. Kiki juga mengatakan bahwa ia memegang kamera untuk pertama kalinya saat di bangku kuliah.

1514035121439

Perlombaan yang dimenangi Kiki selama menjadi mahasiswa Polsri sendiri adalah Juara 1 di acara Artcounting Polsri, Juara 2 di acara Carniforart IMASFEK UNSRI, Juara 3 di acara Polsri Mencari Bakat November lalu dan yang terbaru Juara 1 di acara Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Desember ini. PORSENI sendiri merupakan acara yang dilakukan dua tahun sekali dan merupakan kolaborasi antara UKM-Simpony dan UKM-Olahraga Polsri yang terbuka bagi semua mahasiswa Polsri.

Kiki sendiri tidak mempelajari fotografi secara intensif, Ia hanya melihat contoh-contoh gambar sebagai referensi nya dalam membidik gambar. Kiki juga merasa dirinya belum terlalu mahir di bidang fotografi dan masih ingin terus belajar banyak hal untuk menjadi fotografer yang profesional.

1514035123247

Tak lupa Kiki juga memberi beberapa kiat-kiat yang harus di persiapkan sebelum mengikuti perlombaan. Yang pertama Ia mengatakan bahwa kita harus merasa “enjoy” pada saat berkompetisi. Yang kedua kita tidak harus terlalu mengharapkan kemenangan atau menarik kesimpulan bahwa gambar yang kita ambil terlalu buruk atau terlalu bagus. Yang ketiga yakni membuat sebuah konsep yang memiliki makna sebelum mengambil gambar. Kiki juga menuturkan, apabila gambar yang diambil kurang baik sebaiknya tidak perlu berkecil hati dan sebaiknya dijadikan alasan untuk terus mencari ide dan kreatifitas yang baru. “Jangan memikirkan menang atau kalah dahulu yang terpenting ikut dan mencoba, setidaknya kita pernah tau dan pernah merasakan ikut lomba, bersaing dengan orang lain dan terkadang ada hal yang kita belum tahu sebelumnya apabila kita pelajari dan senang terhadap sesuatu hal tersebut bakalan jadi amazing” tukas Kiki untuk memberi semangat saat berkompetisi. (sa)